Wali Kota Depok Mohammad Idris saat menghadiri Deklarasi Kelurahan ODF tahun 2021. (Foto: JD04/Diskominfo)

DepokNews – Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, Kota Depok menargetkan semua kelurahannya sudah 100 persen berstatus Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS) di tahun 2023. Saat ini, sebanyak 41 kelurahan sudah ODF dari total 63 kelurahan se-Kota Depok.

“Kami targetkan tahun 2023 seluruhnya sudah ODF. Jadi masih ada 22 kelurahan lagi menjadi sasaran ODF,” tuturnya, usai menghadiri Deklarasi Kelurahan ODF Tahun 2021 di aula lantai 5 Gedung Balai Kota Depok, Rabu (29/21/21).

Mohammad idris menuturkan, kelurahan yang sudah dinyatakan ODF juga harus terus dievaluasi. Karena, dalam pelaksanaannya, masih terdapat beberapa masyarakat di wilayah tersebut yang masih melakukan BAB sembarangan.

Lanjut dia, terdapat beberapa kendala dalam penerapan ODF di wilayah. Di antaranya, pemahaman dan kesadaran masyarakat untuk merubah perilaku serta kebiasaan melakukan BAB sembarangan.

“Akan terus dilakukan evaluasi dan difasilitasi dalam pembuatan septic tank agar seluruh wilayah di Depok dapat berstatus ODF,” pungkasnya. 

Sumber : depok.go.id