Satgas DPUPR melakukan penanganan longsor di Perumahan Griya Yudha Garuda, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, Kamis (23/12/21). (Foto: istimewa)

DepokNews – Upaya lanjutan penanganan tanggul jebol di Kali Angke, Jalan Mandor Tajir, Kelurahan Pondok Petir, Kecamatan Bojongsari, dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok dengan penurapan menggunakan bronjong. Hal tersebut guna mencegah longsor tidak meluas.

“Penurapan dilakukan di Perumahan Griya Yudha Garuda, mengingat Kali Angke berada di atas perumahan tersebut,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, Kamis (23/12/21).

Citra menyebut, pemasangan bronjong bertujuan untuk melindungi dan memperkuat struktur tanah di sekitar tebing, agar tidak terjadi longsor susulan. Selain itu, sambungnya, dibutuhkan juga alat berat berupa mini spider untuk membersihkan material longsor dan menggali pondasi bronjong.

“Turap yang sedang dikerjakan memiliki panjang  18 meter dan tinggi 6 meter. Kami berpesan kepada masyarakat untuk waspada terhadap potensi longsor dan banjir. Mengingat, saat ini curah hujan cukup tinggi,” terangnya.

Untuk diketahui, tanggul Kali Angke jebol pada Kamis (16/12) sekitar pukul 17.30 WIB dan mengakibatkan kurang lebih 20 rumah di komplek tersebut terendam banjir. 

Sumber : depok.go.id