DepokNews — Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok berhasil mengevakuasi dua ekor buaya peliharaan rutan kelas 1 Kota Depok yang lepas dari kandangnya,Rabu, (19/01/2022).

Kasi Penyuluhan dan Peran serta Masyarakat Disdamkar dan Penyelamatan Kota Depok Syarif Hidayat mengatakan evakuasi buaya berukuran lebih dari 1,5 meter itu dilakukan karena sang pemilik dirutan Kota Depok khawatir hewan peliharaannya bisa membahayakan warga rutan

“Itu buaya peliharaan. Jadi ini buaya tangkapan Disdamkar dan Penyelamatan, waktu itu masih kecil, pihak rutan minta untuk dipelihara, nah sekarang sudah besar lepas,” ucap melalui pesan WhatsAppnya, Rabu (19/01/2022) malam.

Menurut Syarif, pihak rutan meminta petugas mengevakuasi karena tidak aman buaya liarkan tersebut.

Hewan reptil tersebut selama ini hanya berada di dalam kandang besar dan tidak pernah dikeluarkan oleh pihak rutan.

“Tidak pernah dilepas, jadi yang satu sudah mati dan yang satu masih hidup buaya peliharaan, iya sempat tegang juga siihh,” ungkap Syarif.

Buaya itu akhirnya dievakuasi oleh petugas dan untuk saat ini masih menunggu akan diserahkan ke komunitas pecinta reptil atau ke ragunan.

“Alhamdulillah, buaya bisa dievaluasi, petugas kami alami luka ringan, karena buayanya besar jadi agak kesulitan,” ujarnya.