DepokNews – Sebanyak tiga personel Satuan Tugas (Satgas) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok diturunkan untuk melakukan penanganan longsor turap di Perumahan Puri Depok Mas, Kecamatan Pancoran Mas (Panmas). Termasuk satu unit alat berat berupa mini spider untuk mempercepat proses penanganan.

“Kami mendapatkan laporan adanya turap longsor yang berada di Perumahan Puri Depok Mas, kemarin (21/04) dan meminta bantuan tenaga, juga alat berat untuk pengangkatan material longsor,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty, Jumat (22/04/22).

Dikatakannya, longsor terjadi akibat pergeseran tanah ke dataran yang lebih rendah. Untuk penanganan lebih lanjut, akan diserahkan ke pengembang selaku pemilik perumahan.

“Kami sifatnya hanya membantu, karena kawasan yang longsor masih berada di wilayah pengembang. Pengangkatan material longsor sudah dilakukan sejak kemarin sampai selesai, tidak ada target,” ucapnya.

Citra menyebut, longsor memiliki tinggi 8 meter dengan lebar 15 meter.  Dirinya juga berpesan, kepada seluruh masyarakat untuk waspada terhadap cuaca ekstrem yang kemungkinan terjadi beberapa hari ke depan berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Utamanya waspada terhadap potensi keretakan tanah yang bisa menimbulkan longsor,” tandasnya.

Sumber : depok.go.id