Ular Sanca Kembang Sepanjang 2,5 Meter Masuk Pemukiman Warga di Cimanggis, Damkar Depok Segera Lakukan Evakuasi

DepokNews – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok berhasil mengevakuasi seekor ular sanca kembang yang masuk ke pemukiman warga di Jalan Pondok Kelapa Dua RT 05/RW 05, Kelurahan Pasir Gunung Selatan, Kecamatan Cimanggis, kemarin (09/06). Empat personel dari Unit Pelaksana Teknis (UPT) Damkar Cimanggis diterjunkan untuk mengevakuasi ular tersebut.

Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan, Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos mengatakan, laporan diterima pukul 16.13 WIB. Kemudian, pihaknya langsung  bergerak cepat ke lokasi guna melakukan evakuasi.

“Dengan kemampuan yang dimiliki, hanya butuh waktu 30 menit petugas bisa mengamankan hewan liar tersebut. Sementara ditampung di UPTD Damkar Cimanggis sampai ada komunitas reptil yang mau mengadopsi,” tuturnya, Jumat (10/06/22).

Welman mengatakan, ular yang dievakuasi memiliki panjang kurang lebih 2,5 meter. Ular tersebut ditemukan di atas loteng.

Dirinya berpesan kepada warga Depok jika menemukan ular di sekitar rumah atau lingkungannya agar jangan diganggu atau mencoba menangkap sendiri. Apalagi kalau tidak memiliki keahlian untuk mengatasi ular.

“Jika tidak memiliki keahlian menangkap ular itu bisa membahayakan diri sendiri. Segera menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112 atau melalui nomor UPT Damkar setempat,” tutupnya.

Sumber : depok.go.id