DPAPMK Kota Depok meluncurkan program Ngabaturan Barudak Sakola Online (Ngabaso) di RW 02 Kelurahan bojongsari, Kecamatan Bojongsari, kemarin (15/11/21). (Foto: istimewa).

DepokNews – Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok meluncurkan program Ngabaturan Barudak Sakola Online (Ngabaso) di lokasi Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS), Kelurahan Bojongsari, Kecamatan Bojongsari. Program ini bagian dari upaya pemenuhan terhadap hak anak.

Kepala DPAPMK Kota Depok, Nessi Annisa Handari menjelaskan, program Ngabaso merupakan bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk mewujudkan perlindungan dan pemenuhan hak anak menuju Provinsi Layak Anak di 2023. Program ini serentak diselenggarakan di seluruh kabupaten/kota, termasuk Kota Depok.

“Selama pandemi anak-anak sekolah dari rumah, tapi orang tua dan pemerintah juga tetap memiliki kewajiban untuk memenuhi hak anak. Salah satunya dengan mendampingi mereka saat belajar,” jelasnya, Selasa (16/11/21).

Terdapat berbagai kegiatan untuk anak-anak dan orang tua yang diselenggarakan dalam program tersebut. Mulai dari permainan edukatif hingga konseling.

“Ada 20 anak yang kami ajak untuk permainan edukatif dan dongeng. Sementara bagi orang tuanya ada konseling kelompok dari Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga),” ujar Nessi.

Nessi menambahkan, orang tua harus tetap mendampingi anak-anaknya ketika belajar di rumah. Dengan begitu, kedekatan anak dan orang tua semakin terjalin erat.

“Kami berharap para orang tua bisa membuat suasana sekolah online di rumah dengan nyaman sehingga anak bisa fokus belajarnya,” pungkasnya. 

Sumber : depok.go.id