Vaksinasi PMK di Kota Depok Mulai Dilaksanakan

DepokNews – Vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kota Depok sudah mulai dilaksanakan. Per  tanggal 26 Juni 2022, terdapat sebanyak 135 ekor ternak sapi telah disuntik vaksin PMK.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, Widyati Riyandani mengatakan, pelaksanaan vaksinasi PMK dilakukan di dua kecamatan, yaitu Cimanggis dan Cipayung. Vaksin diberikan kepada sapi perah dan sapi pedaging atau potong.

“Hasil vaksinasi sejumlah 135 ekor ternak sapi.  Terdiri dari sapi perah 63 ekor dan sapi pedaging atau potong 72 ekor,” ujarnya, Selasa (28/06/22).

Widyati menjelaskan, pada 23 Juni 2022, Kota Depok telah menerima vaksin PMK sebanyak 500 dosis. Vaksin tersebut digunakan untuk melakukan vaksinasi ternak di peternakan-peternakan yang ada di Kota Depok.

“Ternak yang menjadi target adalah ternak rentan terkena PMK, yang dalam kondisi sehat, dengan prioritas ternak sapi,” ungkapnya.

Sesuai dengan arahan pemerintah pusat, ujar Widyati, vaksinasi akan dilaksanakan sampai tanggal 29 Juni 2022. Pemberian vaksin booster kedua dan ketiga dilakukan setelah pembagian vaksin disebar ke daerah-daerah.

“PMK adalah penyakit yang disebabkan oleh virus, bersifat akut pada ternak berkuku belah dua seperti sapi, kambing, domba, babi.  Menteri Pertanian, bapak Syahrul Yasin Limpo, telah menetapkan status wabah di Provinsi Jawa Timur dan Aceh, sedangkan di Kota Depok, statusnya telah menjadi daerah tertular,” tambahnya. 

Sumber : depok.go.id