Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati. (Foto: Diskominfo)

DepokNews – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menegaskan, hingga kini belum ada kasus subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 di Kota Depok meski sudah masuk ke Indonesia. Kendati demikian, pihak Dinkes tetap mewaspadai dan meminta masyarakat agar tetap menjaga protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

“Sampai saat ini belum ada di Kota Depok. Tapi tetap kami minta masyarakat tetap menjaga prokes,” tutur Kepala Dinkes Kota Depok, Mary Liziawati, Selasa (14/06/22).

Mary menjelaskan, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, terdapat delapan kasus subvarian baru di Indonesia. Dari jumlah itu, tiga kasus di antaranya merupakan imported case atau kasus impor yang berasal dari Mauritius, Amerika, dan Brazil.

Kemudian, tambah Mary, Menkes menyebutkan lima kasus lainnya merupakan transmisi lokal. Empat kasus tersebut terdeteksi di Jakarta dan satu kasus di Bali.

“Kasus sementara berada di Jakarta dan Bali berdasarkan informasi dari Pak Menkes,” ujar Mary.

Sebagai informasi, sudah dilaporkan sebanyak 6.903 kasus Omicron BA.4 di 58 negara, lima dengan laporan terbanyak di Afrika Selatan, Amerika Serikat, Britania raya, Denmark, dan Israel. Sedangkan kasus Omicron BA.5 dilaporkan sebanyak 8.687 kasus di 63 negara, lima negara terbanyak di Amerika Serikat, Portugal, Jerman, Inggris, dan Afrika Selatan. 

Sumber : depok.go.id