Workshop Pengabdian Kepada Masyarakat, Universitas Gunadarma Tingkatkan Kapasitas Digital Pelaku UMKM Mekarsari  Depok

Narasumber dan Moderator Workshop

DepokNews–Menyadari pentingnya terlibat dalam pemasaran digital, saatnya bagi UMKM untuk menguasai strategi jitu yang dapat meningkatkan visibilitas dan daya saing mereka di pasar digital. Salah satu strategi yang tepat adalah strategi konten pemasaran digital. UMKM dapat menciptakan konten yang relevan, bermutu, dan berharga bagi konsumen mereka. Namun, masih banyak UMKM yang belum terampil dalam membuat konten pemasaran digital yang efektif. Perlu dorongan digitalisasi UMKM dan peningkatan kualitas SDM agar mereka dapat bersaing di era digital.

Peserta Workshop

Sebagai salah satu bentuk implementasi program Business Development Services (BDS), Tax Center Universitas Gunadarma memfasilitasi dosen dari berbagai bidang ilmu dan mahasiswa MBKM Relawan Pajak (Renjani) Universitas Gunadarma untuk melakukan pendampingan pemenuhan kebutuhan UMKM terkait digitalisasi. Kegiatan ini juga merupakan bentuk pelaksanaan program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Periode ATA 2023-2024 yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat pelaku UMKM melalui pelatihan pemanfaatan aplikasi digital dalam pencatatan laporan keuangan, pencatatan penjualan, pembuatan media komunikasi, dan pemasaran digital. Pada program telah diselenggarakan Workshop mengenai konten pemasaran digital pada Selasa, 11 Juni 2024 di Kampus F4 Universitas Gunadarma, Jl. Raya Bogor No. 20, Depok yang dihadiri oleh Kanwil DJP Jawa Barat III, KPP Pratama Depok Cimanggis, dan Mitra Kelurahan Mekarsari serta diikuti oleh puluhan UMKM binaan Kelurahan Mekarsari.

Dalam sambutannya, Bapak Eko Pandoyo Wisnu Bawono, S.E., M.M. selaku Kepala KPP Pratama Depok Cimanggis mengatakan bahwa “UMKM yang ada di Indonesia sangat potensial untuk dikembangkan hingga dapat berkontribusi lebih besar lagi bagi perekonomian negara”. Perwakilan dari Tax Center, Ibu Dr. Feni Andriani, S.Si., M.Si., M.T., juga menambahkan bahwa “Dengan adanya Program Pendampingan, Workshop, dan Bazar ini, diharapkan UMKM dapat memasarkan produk mereka secara online maupun offline dengan konten yang menarik konsumen, sehingga dapat berkembang lebih maju dan dapat memasarkan produknya ke tingkat nasional bahkan internasional”.

Workshop ini menghadirkan dua narasumber, yaitu Dr. Muhamad Farid Mahmud, S.E. M.M. selaku Dosen Program Studi Manajemen Universitas Gunadarma dan Trisno Sutjipto, S.T. selaku Owner KoTian Maker dan Brand Consultant. Para narasumber secara jelas memaparkan berbagai teknik untuk meningkatkan usaha, dari mulai membuat kemasan, teknik melayani dan menjaga agar para pembeli merasa puas terhadap kualitas barang dan layananannya, termasuk teknik menjual secara online.

Acara semakin menarik dengan adanya Pojok Konsultasi untuk membantu menyelesaikan permasalahan bisnis UMKM, seperti pendampingan dalam mengajarkan bagaimana berjualan di e-commerce, membuat postingan di media sosial, layanan perpajakan, sampai dengan bagaimana membuat laporan keuangan. Selain itu, ada sesi pelatihan dan praktek Foto Produk yang difasilitasi oleh Dosen Abdimas untuk membekali para UMKM dengan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat konten yang menarik dan efektif. Peserta juga mendapat fasilitas membuka stand bazar secara gratis untuk memperkenalkan dan menjual produknya.