Implementasi Model Bisnis Teknologi Finansial, Model Merek Digital dan Kemitraan Pemasaran Online untuk Kelompok Usaha Uj.Mart Utami Jaya, Kota Depok

Penulis :
Prihandoko, Dyah Mieta Setyawati, Edy Prihantoro
Tim Hibah Proposal Pengabdian 2024, Skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat dengan lingkup Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat yang terdiri dari Prihandoko sebagai Ketua Pengusul, Dyah Mieta Setyawati dan Edy Prihantoro sebagai Anggota Pengusul telah berhasil menerapkan model bisnis teknologi finansial (fintech) serta model merek digital dan kemitraan pemasaran online untuk Mitra Uj.Mart Utami Jaya. Tim Pengusul menerapkan pemanfaatan teknologi dengan menggunakan QRIS, sentuhan pengelolaan keuangan modern dengan mesin kasir android serta Inovasi desain papan reklame kelompok usaha Mitra berupa paket asesoris usaha seperti roolling door, pengecatan bagian eksterior bangunan usaha untuk mengangkat kesan terang, rapih dan bersih serta penggunaan media sosial Instagram, tiktok untuk meningkatkan kapasitas manajemen keuangan dan pemasaran berbasis digital untuk Mitra.
Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan sebanyak lima kali, yaitu sosialisasi kegiatan, pemberian solusi atas permasalahan Mitra pada bidang manjemen keuangan, pemberian solusi atas permasalahan Mitra pada bidang pemasaran, pendampingan dan evaluasi pada Mitra sasaran dan penetapan keberlanjutan program. Konsep ekonomi digital dan transformasi digital bisnis, yang merupakan bidang fokus kegiatan sebagai solusi dari Tim Pengusul menunjukkan bahwa suatu unit usaha perlu beradaptasi dengan teknologi untuk tetap bersaing dalam era digital. Dampak dari pemanfaatan teknologi yang dilaksanakan ini,  dapat meningkatkan keberhasilan bisnis selain dari produk dan layanan yang disediakan oleh pemilik usaha serta memberikan nilai tambah kepada pelanggan seperti pembayaran cashless, kecepatan transaksi dan kepuasan berbelanja oleh adanya layanan belanja modern.
Hasil pelaksanaan kegiatan menunjukkan bahwa inovasi teknologi mesin kasir android setelah PkM, 95% memuaskan,cepat dan modern, telah berhasil, 100% menerapkan e-wallet dengan QRIS, telah berhasil, 100% pemahaman mitra dalam menggunakan pemanfaatan mesin kasir android memudahkan Mitra melakukan transaksi pembayaran dan memberikan informsi harga jual kepada pelanggan. Konsep desain usaha dan pencahayaan ekterior menjadi daya tarik bagi pelanggan pengguna pejalan kaki ataupun kendaraan roda empat dan roda dua yang melintas didepan toko setelah PkM menjadi 60% meningkat dari 30% sebelum PkM. Melaksanakan strategi kemitraan online melalui media sosial Instagram dan Tiktok dapat meningkatkan volume penjualan setelah PkM menjadi 75% meningkat
Tim Pengusul bekerjasama dengan Mitra Uj.Mart mempersembahkan bagi Warga Depok pecinta makanan ayam bakar khas Solo lengkap dengan sambal hijau nya bisa dengan mudah mendapatkan makanan tersebut di Uj.Mart Utami Jaya yang berlokasi di kelurahan Grogol, kecamatan Limo, Kota Depok. Selain makanan ayam bakar, Uj.Mart menyediakan jajanan makanan dan minuman sebagai menu pelengkap serta sembako untuk kebutuhan sehari-hari. Sembari makan ayam bakar khas Solo, pelanggan dapat pula berbelanja di Uj.Mart Utami Jaya.