DepokNews–Palima Foods, UMKM yang beroperasi di Kelurahan Mekar Jaya, Kecamatan Sukmajaya, Kota Depok, kini semakin kokoh berdiri berkat kesuksesan pelaksanaan program Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat (PKM). Kegiatan pelatihan intensif yang bertema “PKM Strategi Pemasaran Digital Terpadu dan Desain Kreatif untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Produk Olahan Dimsum pada UMKM Palima Foods” ini telah memberikan dampak signifikan bagi peningkatan daya saing dan potensi ekonomi Palima Foods.
Program yang digagas oleh tim pengusul dari Universitas Gunadarma ini merupakan hasil kolaborasi multidisiplin yang solid. Ketua tim pelaksana Dr. Ditiya Himawati, SE., MM. dari prodi Manajemen Pemasaran, bersama anggota pelaksana Dr. Prasetyo Bonifasius Sitanggang, S.Ikom, Msi. dari prodi Ilmu Komunikasi, dan Dr. Dra. Sri Riswanti HS, M.Sn. dari prodi Desain Interior. Kolaborasi multidisiplin ini memastikan Palima Foods mendapatkan solusi komprehensif untuk tantangan yang dihadapi.
Ibu Wiji Rahayu, Ketua Mitra Palima Foods, mengungkapkan apresiasinya yang mendalam atas program ini. “Dengan adanya pelatihan ini, saya semakin memahami apa saja yang menjadi kekurangan di dalam menjalankan usaha Palima Foods ini,” ujar Ibu Wiji. “Saya mendapatkan pelatihan tentang branding, tentang pengolahan media sosial untuk pemasaran, dan saya mendapatkan ilmu tentang bagaimana cara produksi yang baik serta memperbaiki tentang tata letak atau SOP dan tata ruang dari ruang produksi kami.”
Sejak didirikan sekitar 2 tahun 6 bulan lalu, Palima Foods telah dikenal dengan produk dimsum berkualitas. Dengan dukungan tiga karyawan dan jaringan 15 reseller, usaha ini sebelumnya menghadapi tantangan pada identitas merek yang belum optimal, pemasaran digital yang kurang fokus, serta visibilitas yang terbatas di mesin pencari.
Program PKM ini dirancang untuk menjawab tantangan tersebut melalui serangkaian kegiatan terpadu yang telah berhasil dilaksanakan:
Strategi Pemasaran Terpadu dan Peningkatan Kinerja
Ibu Ditiya Himawati selaku Ketua Pengusul dari Manajemen Pemasaran memimpin strategi ini dengan memastikan integrasi menyeluruh dari berbagai elemen pemasaran Palima Foods. Ini mencakup analisis pasar, strategi penetapan harga, serta pengelolaan berbagai strategi pemasaran yang terintegrasi untuk menjangkau pembeli yang lebih luas, termasuk koordinasi dengan tim Ilmu Komunikasi dalam mengoptimalkan SEO dan media sosial dan meningkatkan kinerja penjualan secara keseluruhan.
Pengembangan Identitas Merek, Visual Produk, dan Strategi Komunikasi
Tim Ilmu Komunikasi, yang dipimpin oleh Bapak Prasetyo Bonifasius Sitanggang, memegang peran dalam merumuskan dan mengembangkan identitas merek Palima Foods. Ini mencakup perancangan ulang logo yang khas, pemilihan palet warna dan tipografi yang representatif, serta pengembangan strategi komunikasi visual yang kohesif. Bapak Prasetyo juga memimpin sesi fotografi produk yang menghasilkan portofolio visual memukau. Ia juga membekali Palima Foods dengan pemahaman mendalam mengenai optimalisasi visibilitas di mesin pencari (SEO dasar) melalui Google Business Profile dan Google Search Engine, serta pengembangan strategi konten media sosial yang efektif.
Desain Kreatif untuk Tata Ruang Produksi dan Promosi
Ibu Sri Riswanti dari Desain Interior berkontribusi signifikan dalam aspek fungsional dan visual pendukung. Beliau memimpin perbaikan tata letak ruang produksi, penyusunan SOP produksi yang higienis, dan pelatihan praktik kebersihan. Selain itu, tim Desain Interior juga bertanggung jawab atas perancangan desain booth pameran yang menarik dan materi promosi cetak yang unggul, yang semuanya didukung oleh pendekatan desain kreatif.
Melalui penerapan teknologi IPTEKS seperti aplikasi desain grafis profesional (Adobe Illustrator, Adobe Photoshop, dan Canva) untuk re-branding dan konten visual, platform pemasaran digital (Google Business Profile, Linktree, serta optimasi SEO dasar melalui Google Search Engine) untuk meningkatkan visibilitas online, dan metode perancangan tata letak ruang produksi (Matrix dan Bubble Diagram), Palima Foods kini memiliki pondasi yang lebih kuat untuk terus berkembang. Penggunaan media sosial seperti Instagram dan TikTok juga dioptimalkan dengan strategi konten yang lebih terarah dan menarik.
Dengan peningkatan kesadaran merek, jangkauan pasar yang lebih luas, dan kualitas produk yang terjamin, Palima Foods optimis dapat meraih peningkatan omset penjualan secara signifikan di masa mendatang.
Ucapan terima kasih diberikan kepada: 1) Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Riset dan pengembangan, Kementrian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi (KEMDIKTISAINTEK); 2) Universitas Gunadarma; 3) Lembaga Pengabdian kepada Masyarakar (LPM) Universitas Gunadarma.







